Apa yang Anda lakukan ketika penjualan waralaba tertinggal? Bagaimana tanggapan Anda? Apakah Anda menyalahkan ekonomi untuk penjualan rendah Anda? Apakah Anda menyalahkan wiraniaga Anda? Apakah Anda mencari alasan di luar proses penjualan Anda? Tidak perlu jawaban satu kata untuk pertanyaan-pertanyaan ini; namun, saya ingin membahas beberapa saran dan strategi untuk membantu. Ada sejumlah bidang yang harus dievaluasi termasuk aliran lead franchisee, proses kualifikasi, perwakilan penjualan, broker waralaba, review dan monitor pitches penjualan, program waralaba kuliner perangkat lunak penjualan waralaba, hari penemuan, pengungkapan yang tepat, tindak lanjut, dan penutupan. Mari kita lihat masing-masing satu per satu.
1. Lead Flow - Yang paling jelas dan paling penting untuk ditanyakan ketika penjualan rendah adalah, "Seperti apa aliran lead saya." Jika aliran timbal turun, mari kita evaluasi alasannya. Apakah tempat pemasaran Anda saat ini berfungsi? Portal apa yang Anda pakai? Haruskah Anda pameran di pameran dagang? Apakah pesan pemasaran Anda sesuai untuk lingkungan penjualan waralaba saat ini? Sudahkah Anda membuat perubahan terbaru dan memantau keefektifan perubahan ini? Penting untuk diingat bahwa Anda tidak ingin melakukan total make over sekaligus karena kemungkinan besar Anda akan mengubah terlalu banyak variabel dan tidak dapat menentukan apa yang menyebabkan peningkatan lead dan pada akhirnya meningkatkan penjualan waralaba Anda.
2. Kualifikasi Timbal - Ini adalah jalan penting untuk proses penjualan Anda. Apa yang Anda lakukan untuk memenuhi syarat calon franchisee Anda? Apakah Anda mematuhi persyaratan Anda dan tidak menurunkan standar Anda? Apakah Anda sudah memantau apa yang dikatakan orang-orang penjualan waralaba Anda? Adalah penting dalam proses penjualan untuk tetap berpegang pada program Anda, jika tidak, Anda akhirnya memiliki hari penemuan dan pertemuan penjualan waralaba prospektif dengan orang-orang yang hanya membuang-buang waktu Anda.
3. Penjual Waralaba - Langkah selanjutnya adalah mengevaluasi orang-orang yang Anda miliki menjalankan departemen penjualan Anda. Jika Anda adalah pemilik waralaba muda, orang penjualan terbaik adalah pendiri perusahaan. Tidak ada yang bisa menjual dengan semangat dan karisma yang sama seperti yang dimiliki pencipta. Jika Anda memiliki staf penjualan, evaluasi ulang apakah mereka orang yang tepat. Berapa persentase penutupan mereka? Jika mereka tidak tampil, biarkan mereka pergi dan menemukan orang lain. Mungkin sulit, tetapi akan lebih menyakitkan jika mereka tidak bisa menjual dan perusahaan waralaba Anda menderita karenanya. Anda juga akan ingin memeriksa bagaimana orang-orang penjualan waralaba Anda mendapat kompensasi. Biasanya Anda ingin memiliki basis kecil atau seri dengan struktur komisi yang bagus untuk memotivasi mereka untuk menjual.
4. Pialang Waralaba - Sering kali muncul ide pialang penjualan waralaba ketika bekerja dengan klien saya apakah mereka harus menggunakan ini sebagai sumber daya atau tidak. Sebagai nilai inti, rekomendasi saya adalah untuk tidak menggunakan broker penjualan waralaba karena mereka cenderung mengambil potongan besar dari biaya waralaba Anda, yang Anda butuhkan, dan mereka memiliki kepentingan yang bertentangan. Namun, memanfaatkan broker sebagai suplemen untuk tim penjualan in-house Anda adalah sesuatu yang patut dipertimbangkan. Sekali lagi, ketika memilih broker, Anda harus sangat berhati-hati dengan perusahaan tempat Anda bekerja dan cepat-cepat menariknya jika tidak ada hasil setelah 6-9 bulan.
5. Tinjau dan Pantau Pitch Penjualan - Salah satu cara terbaik untuk membantu tim penjualan Anda adalah dengan meninjau dan memantau panggilan penjualan mereka. Pastikan untuk mematuhi persyaratan hukum apa pun sebelum mendengarkan panggilan mereka atau membuat rekaman karena ada banyak negara yang memiliki aturan khusus. Ini adalah cara yang bagus untuk mengetahui apa yang sebenarnya dikatakan orang-orang Anda dan yang lebih penting untuk membantu mereka meningkat. Ini mentah seperti yang didapat dan memungkinkan Anda untuk benar-benar membedah presentasi dan keterampilan penjualan mereka. Sangat sering Anda akan menemukan bahwa tenaga penjualan waralaba Anda telah menyimpang agak jauh dari dasar. Seperti yang terjadi dalam penjualan, tampaknya semakin Anda berpegang pada dasar-dasar semakin baik Anda lakukan.
6. Perangkat Lunak Penjualan Waralaba - Program perangkat lunak atau sistem pemantauan penjualan seperti apa yang Anda gunakan? Anda punya satu? Jika tidak, Anda perlu mendapatkan ASAP! Anda harus dapat mengelola orang-orang penjualan waralaba Anda dan penjualan waralaba perusahaan Anda. Ada banyak jenis CRM dan program perangkat lunak penjualan yang agak murah termasuk Salesforce.com, ACT, Access, Tambang Emas, dan banyak lainnya. Saya biasanya menyarankan Anda bekerja dengan program perangkat lunak "off the shelf" karena lebih murah dan lebih banyak orang tahu cara memperbaikinya. Jika Anda memiliki program perangkat lunak penjualan waralaba, apakah Anda memanfaatkan kapasitas penuhnya? Jalankan beberapa diagnostik pada proses penjualan Anda saat ini untuk memastikan pemanfaatan maksimum. Itu membuat proses penjualan lebih mudah dan membantu sales waralaba Anda menjual lebih banyak waralaba!
8. Pengungkapan yang Tepat dan 14 Hari Pendinginan - Ingatlah untuk mengungkapkan franchisee Anda dengan benar. Dapatkan tanda tangan, sign-off, dan segala sesuatu yang perlu diurus ketika menyerahkan Dokumen Pengungkapan Waralaba Seragam kepada calon pewaralaba Anda. Selalu pastikan untuk memiliki UFDD Anda dalam bentuk terbaru dan mematuhi peraturan negara bagian dan federal Anda. Ingatlah untuk mematuhi periode pendinginan 14 hari di mana Anda tidak dapat menerima setoran, menandatangani kontrak, atau melakukan apa pun yang dapat mengindikasikan penjualan setelah dokumen pengungkapan awal disajikan. Ini adalah aspek penting dari proses penjualan waralaba karena prospek Anda akan berkonsultasi dengan pengacara, CPA, bankir, teman, keluarga, dll.
9. Tindak lanjut - Setelah kualifikasi, panggilan telepon, dan hari penemuan, bagian tersulit adalah berikutnya. Anda harus ingat untuk menindaklanjuti prospek Anda. Tindak lanjut sering kali di mana Anda dapat mendengar kebenaran tentang apa yang dipikirkan prospek Anda. Anda perlu memeriksa seberapa sering dan apa yang waralaba kuliner terlaris Anda katakan dalam tindak lanjut penjualan waralaba Anda. Ini adalah kunci untuk melembagakan prosedur tindak lanjut yang berkualitas untuk membantu penjualan waralaba Anda jangka panjang.
10. Going for the Close - Jika Anda tidak meminta, Anda tidak akan menerima. Pastikan Anda selalu meminta penjualan. Ini sangat penting! Tidak ada hal lain dalam proses penjualan yang penting jika Anda tidak bertanya apakah mereka siap untuk maju dengan menandatangani kertas kerja dan memotong cek. Jika ini adalah penjualan pertama Anda atau Anda baru dalam prosesnya, jangan bertindak mual tentang meminta penjualan. Ulangi pada diri sendiri: "Saya akan meminta penjualan, saya akan meminta penjualan, AKU AKAN MEMINTA SALE !!"
Seperti yang telah kita bahas, proses penjualan franchise penuh dengan detail, kerja keras, dan kegigihan. Ini adalah pengalaman yang menyenangkan dan menggembirakan yang penuh dengan emosi tinggi untuk Anda dan calon franchisee Anda. Ingat bahwa kunci untuk penjualan waralaba adalah bisa mengatakan "Tidak" kepada seseorang yang tidak cocok dengan organisasi Anda. Jika seseorang adalah masalah di awal proses penjualan, mereka mungkin akan menjadi masalah sebagai franchisee. Belajar mengatakan "Tidak" dan memberikan atau memberikan waralaba kepada orang yang tepat akan membantu Anda secara signifikan ketika Anda terus mengembangkan perusahaan waralaba Anda. Saya juga menyarankan bahwa seringkali sulit untuk melakukan operasi otak Anda sendiri ketika meninjau proses penjualan Anda dan Anda mungkin ingin mencari konsultasi luar. Ingat, kunci untuk penjualan waralaba adalah seleksi, seleksi, Seleksi karena orang-orang ini akan "menikah" dengan Anda selama 20 tahun ke depan; jadi pilihlah dengan bijak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar