Bingung saat membuat judul buku? Tidak perlu menatap tanpa daya pada halaman kosong atau layar kosong. Alih-alih, mulailah pembuatan judul Anda dengan melihat buku-buku sukses dalam daftar buku terlaris hari ini dan menggunakan pola yang dapat Anda identifikasi dalam judul tersebut untuk memicu ide Anda sendiri, yang disesuaikan dengan konten dan fokus buku Anda sendiri.
Menjual Ide, Konsep, dan Solusi
Misalnya, Anda mungkin melihat judul buku "Kisses from Katie: A Story of Relentless Love and Redemption," dan menganalisisnya sebagai tiga kata emosional menggunakan aliterasi, lalu "A Story of..." dua kualitas, salah satunya dimodifikasi dengan cara yang membangkitkan rasa ingin tahu.
Demikian juga, Anda dapat melihat "Apakah Itu Ikan di Telinga Anda?: Terjemahan dan Arti Segalanya" dan menganalisisnya sebagai pertanyaan provokatif yang aneh, diikuti dengan ringkasan satu kata sederhana dari topik dan frasa filosofis yang besar.
Di antara buku-buku bisnis, Anda mungkin menemukan diri Anda berlama-lama di "The 4-Hour Workweek: Escape 9-5, Live Anywhere, and Join the New Rich" oleh Tim Ferris dan memecahnya menjadi empat janji, yang pertama sebagai jalan keluar -of-reach dream dan tiga janji yang lebih menarik dimulai dengan kata kerja.
Seperti dalam contoh itu, Anda juga akan melihat banyak angka, terutama dalam penjualan buku bisnis dan judul swadaya yang sangat laris, seperti "The 48 Laws of Power" oleh Robert Greene atau "Penentuan Tujuan: 13 Rahasia Pencapaian Kelas Dunia" oleh Vic Johnson.
Pola lain untuk mendapatkan perhatian adalah kebalikan dari harapan. Misalnya, "The Gift of Fear" oleh Gavin de Becker membuat kita penasaran karena kita biasanya menganggap rasa takut sebagai kutukan daripada hadiah.
Di antara buku masak, Anda akan menemukan kemegahan, seperti "Cara Memasak Semuanya" oleh Mark Bittman. (Tentunya itu sangat berlebihan!)
Di bagian sains, di mana banyak dari kita mengharapkan gelar akademis yang kering, Anda mungkin tersenyum pada "Mengetuk Pintu Surga: Bagaimana Fisika dan Pemikiran Ilmiah Menerangi Alam Semesta dan Dunia Modern" oleh Lisa Randall. Pola di sana terdiri dari frasa pembuka yang mengutip lagu populer dengan makna ganda dan subjudul yang mendefinisikan topik secara harfiah, sama sekali mengabaikan referensi lagu.
Sesuatu yang akan Anda perhatikan di banyak judul adalah aliterasi - suara awal yang berulang. Misalnya, saat saya menulis ini, daftar buku terlaris nonfiksi termasuk "Suicide of a Superpower" oleh Patrick Buchanan dan "Living Large in Lean Times" oleh Clark Howard - di mana pengulangan huruf s atau l membuat frasa judul lebih mudah diingat.
Anda juga akan melihat judul yang menyatukan lawan atau kontras untuk menciptakan ketegangan dalam frasa, seperti "The Big Short" oleh Michael Lewis atau "Forks over Knives," versi buku dari film dokumenter tentang makan nabati.
Tidak diragukan lagi Anda akan melihat contoh salah satu pola judul paling populer saat ini, judul utama satu kata diikuti oleh subjudul yang lebih panjang dan memperjelas, seperti "Maphead: Memetakan Dunia Geografi yang Luas dan Aneh" oleh Ken Jennings atau "Dicurangi: Kisah Nyata Anak Ivy League yang Mengubah Dunia Minyak" oleh Ben Mezrich.
Ingatlah untuk menggunakan pola yang Anda lihat dalam penelitian Anda untuk inspirasi. Jangan menyalinnya. Bila Anda melakukannya dengan benar, Anda akan mendapatkan resonansi kesuksesan yang dirasakan orang tanpa mengetahui mengapa hal itu membuat mereka ingin menjelajahi buku Anda dan membelinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar